Jumat, 08 Desember 2017

KEKAYAAN NUSANTARA
Banyak sekali kekayaan yang berada di Nusantara berikut adalah aset yang telah dimiliki Indonesia sejak zaman nenek moyang hingga sekarang :)

  • Batik

            Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi,, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.


  • Wayang
            Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga populer di beberapa Daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.


  • Kuliner 

            Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Kekayaan jenis masakannya merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantarayang terdiri dari sekitar 6.000 pulau berpenghuni, dan menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan, dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal seperti dari  India, Tiongkok, Timur Tengah dan Eropa.



  • Pariwisata


           Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

          Banyak tempat Pariwisata yang terdapat di Indonesia, mulai dari keindahan pegunungan, serta pantai, pantai di Indonesia tidak kalah bagusnya dengan apa yang dimiliki oleh negara luar. Bahkan Raja Ampat, Papua menjadi tempat paling indah untuk menikmati panorama bawah laut, Indonesia juga memiliki banyak pegunungan yang menjulang dan siap untuk ditakluki oleh para pendaki, pulau pulau di Indonesia tak kalah cantiknya dengan negara luar juga lohhh ^_^


  •  Hasil karya anak indonesia
           Ternyata Indonesia juga mampu untuk membuat serial film untuk bisa disuguhkan kepada anak anak, seperti Si Unyil, Adit Sopo Jarwo dan masih banyak lagi, Unyil sudah terkenal dari zaman kita kecil boneka yang satu ini selalu mengisi kekosongan waktu kita dimasa kecil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar