Kamis, 07 Desember 2017

RUJAK DI INDONESIA

  • Rujak bebeg

          Rujak bebek (atau rujak bebeg). Penyajiannya cukup unik. Aneka macam buah, seperti kedondong, mangga muda, pisang batu, dan bengkuang, dipadukan dengan berbagai bumbu, antara lain: gula merah, garam, cabe rawit dan sedikit terasi merah dimasukkan ke dalam lumpang. Buah dan bumbu yang telah ditaruh di dalam lumpang lalu ditumbuk dengan alu hingga hancur. Rujak bebek ini lalu disajikan di dalam pincuk. Citarasanya pedas dan segar.


  • Rujak Buah

           rujak nusantara yang paling umum kita kenal. Berbagai macam buah, seperti jambu air, mangga muda, kedondong, bengkuang, nanas, ubi jalar merah dan lainnya dipotong-potong lalu dinikmati bersama bumbu. Bumbunya adalah gula merah, cabai, terasi, kacang tanah goreng, asam jawa dan garam yang dihaluskan


          Rujak soto merupakan kuliner khas banyuwangi yang memadukan rujak sayur dengan soto. Sotonya bisa soto sapi, soto babat, atau bahkan soto ayam. Cara menyajikannya: rujak disajikan terlebih dulu, lalu disiram dengan kuah soto berikut dagingnya. Citarasa lezatnya pun unik, perpaduan antara kuah soto dengan citarasa terasi dari rujak.

  • Rujak Juhi

          Rujak juhi ini adalah rujak khas Betawi. Bahan dasarnya bukanlah buah-buahan, melainkan selada, mentimun, kentang rebus, tahu, mi kuning basah, dan tentu saja juhi. Juhi ini adalah olahan daging cumi yang dikeringkan dan dipanggang.


  • Rujak Es Krim


          Rujak buah-buahan seperti jambu air, nanas, mentimun, kedondong dan pepaya dihidangkan bersama bumbu rujak lalu dinikmati bersama es krim. Rasanya pun unik. Rasa pedas asam dari bumbu rujak berpadu dengan dingin dan manisnya es krim! Rujak es krim ini dapat ditemui di alun alun Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar